News & Event

Begini Cara Cek Kebocoran Arus Aki Mobil Tanpa ke Bengkel

NEWS Dec 14th 2022, 12:35 pm

Untuk mendukung performa, sebagai pengendara kamu perlu mengetahui cara cek kebocoran arus aki mobil. Jangan hanya mengendarai mobil sepanjang waktu tanpa tahu seperti apa kondisi akinya.

Memang ada banyak orang yang mengendarai mobil tanpa memperhatikan keadaan mesinnya. Namun tahukah kamu bahwa hal tersebut bisa membuatmu tidak tahu adanya penurunan performa mesin meskipun tampilan mobil tampak prima?

Jadi, kami mengajak kamu untuk mengenali pentingnya mengetahui terjadinya kebocoran arus mobil. Selain itu, kami juga akan membagikan panduan untuk cek kebocorannya secara mudah tanpa perlu pergi ke bengkel.

 

Cara Cek Kebocoran Arus Aki Mobil

Source: Canva.com

Kebocoran arus mobil ialah keadaan di mana terjadi konsumsi daya aki yang tidak dikehendaki oleh sistem. Sehingga arus yang pada mulanya tersimpan dalam aki terus menerus keluar dan terbuang tanpa guna.

Tentu hal tersebut menjadi pemborosan yang tidak dikehendaki. Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus, akinya akan rusak. Oleh sebab itu, mari ikuti cara cek kebocoran arus aki mobil di bawah ini.

  1. Menyiapkan multimeter digital yang telah diatur pada posisi DC ampere.
  2. Lanjutkan dengan memutar kunci kontak mobil ke posisi Off atau Lock.
  3. Matikan seluruh perangkat kelistrikan pada kendaraan, mulai dari lampu utama, lampu sein, AC, layar sentuh digital dan lain sebagainya.
  4. Menutup pintu mobil dengan rapat supaya aman.
  5. Membuka kaca jendela mobil untuk mencegah pintu terkunci secara otomatis ketika kamu cek arus.
  6. Menunggu sekitar 2 sampai 3 menit untuk memastikan semua komponen kelistrikan sudah benar-benar mati.
  7. Sekarang kamu perlu melepas kabel terminal negatif aki.
  8. Menyambungkan kabel positif multimeter di kepala terminal negatif aki.
  9. Menyambungkan kabel negatif multimeter di kabel terminal negatif aki.
  10. Membaca nilai arus listrik yang mengalir lantas perhatikan keadaannya. Kalau pengukurannya 0.02 – 0.07 Ampere maka artinya aki dalam kondisi normal. Sementara jika hasil pengukurannya >0.1 Ampere maka terjadi kebocoran.

Melalui cara cek kebocoran arus aki mobil ini kamu bisa tahu. Jika semakin besar nilai arus yang mengalir, maka masih ada beban masih aktif.

Jadi, daya akinya masih tersedot meskipun mesin dalam kondisi mati. Seharusnya jika kondisi normal maka beban listriknya mendekati nol begitu mesin mati dan kunci kontak dicabut.

 

Cara Cek Kebocoran di Pelepasan Tegangan Permukaan

Cara mengecek kebocoran arus juga bisa dilakukan dengan memeriksa pelepasan tegangan di permukaan. Kebocoran pelepasan tegangan permukaan atau surface discharge ialah keadaan saat ada aliran listrik dalam jumlah kecil yang mengalir.

Alirannya di antara kedua kepala terminal aki (positif dan negatif) melalui permukaan kotak aki. Hal ini bisa terjadi karena kepala aki mobil berada di kondisi sedikit lembab, basah dan kotor.

Jadi, permukaannya banyak tertutup kerak atau debu. Kamu bisa menerapkan cara cek kebocoran arus aki mobil berikut ini secara mudah di rumah.

  1. Sediakan multimeter digital yang sudah diatur ke posisi DC volt.
  2. Memutar kunci kontak kendaraan menuju posisi Off atau Lock.
  3. Matikan seluruh perangkat kelistrikan pada mobil, mulai dari lampu utama, lampu sein, AC, layar sentuh digital dan lain sebagainya.
  4. Menutup pintu mobil dengan rapat supaya aman.
  5. Membuka kaca jendela mobil untuk mencegah pintu terkunci secara otomatis ketika kamu cek arus.
  6. Sebelum melanjutkan cara cek kebocoran arus aki mobil, kamu perlu menunggu sekitar 2 sampai 3 menit. Untuk memastikan semua komponen kelistrikan sudah benar-benar mati.
  7. Menyambungkan kabel negatif multimeter dengan kepala terminal negatif aki.
  8. Menyambungkan kabel positif multimeter di permukaan atas boks aki.
  9. Membaca tegangan listrik yang mengalir dan perhatikan keadaannya. Apabila tegangan yang mengalir di permukaan lebih dari 0.5 volt, maka kamu perlu membersihkan permukaan boks terutama di bagian sekitar kepala terminal.
  10. Apabila sudah selesai membersihkannya jangan lupa untuk memastikan boks telah dalam kondisi kering sebelum dipasang kembali.

 

Penyebab Kebocoran Arus Aki Mobil

Apa penyebab kebocoran arus mobil? Ada banyak sekali hal mungkin menyebabkan hal tersebut tanpa disadari pemilik mobilnya. Coba simak 2 penyebab umum di bawah ini.

 

1.      Modifikasi Perangkat Elektronik

Banyak sekali orang yang tertarik melakukan modifikasi pada mobil dengan tujuan mempercantik atau menambahkan fasilitas pendukung. Apakah kamu juga demikian? Kamu wajib berhati-hati jika sudah pernah melakukan modifikasi ini.

Misalnya saja modifikasi berupa mengganti lampu, memasang head unit, menambahkan rear camera, maupun hal lainnya. Modifikasi sendiri merupakan hal populer dalam dunia otomotif.

Masalahnya adalah tidak semua orang tahu kalau modifikasi bisa menyebabkan efek samping. Salah satu efek sampingnya ialah menyebabkan kebocoran arus. Sehingga akhirnya kamu perlu menerapkan cara cek kebocoran arus aki mobil.

Ketika melakukan modifikasi mungkin saja menambahkan rangkaian listrik dengan cara salah. Sehingga menyisakan banyak celah di sambungan kabel pada sistem kelistrikan. Akibatnya lebih mudah lagi terjadi kebocoran.

 

2.      Terjadi Kerusakan pada Rangkaian Listrik

Cara cek kebocoran arus aki mobil juga mungkin saja perlu dilakukan ketika penyebabnya ialah kerusakan pada rangkaian listrik. Ketika ada kerusakan rangkaian listrik pada mobil, maka sangat mungkin menyebabkan kebocoran arus.

Arus listrik pada aki lantas terbuang sia-sia. Sebab, adanya kerusakan di rangkaian listrik standar. Jadi, meskipun keadaan mesin matu atau kunci kontak dicabut, arusnya masih tetap mengalir keluar hingga menguras daya.

 

Masalah pada Aki Sebabkan Kebocoran Arus

Source: Canva.com

Ketika ada masalah pada aki, maka sangat berpotensi menyebabkan kebocoran arus. Lantas, seperti apa bentuk masalah yang umum terjadi? Coba simak penjelasannya di bawah ini.

 

1.      Kotor

Masalah paling sederhana yang mungkin terjadi ialah aki kotor. Hal yang mungkin menyebabkannya kotor ialah paparan air, debu hingga kotoran. Lantas, menyebabkan keadaan menjadi lembab, kotor bahkan sampai muncul kerak.

Kalau keadaannya sudah seperti itu dan tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan potensi kebocoran tegangan di permukaan. Biasanya hal ini juga tidak disadari oleh pemiliknya.

Kalau kamu jarang membersihkan aki, sepertinya perlu bersiap-siap untuk cara cek kebocoran arus aki mobil. Karena, jika terjadi kebocoran di permukaannya, sudah pasti arus mengalir keluar sia-sia.

 

2.      Jarang Berkendara

Kalau kamu jarang berkendara, aki pada mobil bisa mengalami drop. Karena mesinnya jarang digunakan, lantas terjadi korosi di dalam elemen akinya. Mirip jamur yang menganggu sistem pengisian.

Lantas, akinya menjadi rusak sebab tidak mampu menyimpan arusnya dengan baik. Kalau kamu jarang berkendara, pastikan untuk tahu cara cek kebocoran arus aki mobil.

 

3.      Memakai Aki yang Tidak disarankan

Setiap mobil mempunyai keperluan akan arus dan tegangan aki yang berbeda-beda. Jadi, kamu perlu memilih aki yang memang disarankan untuk mobilnya. Jangan sampai memilih aki dengan kapasitas kecil sementara beban kelistrikan mobilnya besar.

Tentu, nanti akinya bisa rusak hingga kamu perlu memperbaiki kebocoran arus listrik mobil. Oleh sebab itu, kenali dengan baik kebutuhan mobil kamu. Kenali juga kapan perlu upgrade ke kapasitas yang lebih besar.

Sehingga tidak akan terjadi kebocoran arus. Tentu mencegah terjadi kerusakan akan lebih baik daripada harus memperbaikinya. Karena, memperbaiki kendaraan pasti membutuhkan biaya.

Ketika mempunyai kendaraan, tentu perlu peka apabila terjadi kejanggalan. Terutama berkaitan dengan sistem kelistrikan seperti aki. Oleh sebab itu, penting untuk tahu cara cek kebocoran arus aki mobil supaya bisa segera mengatasi masalahnya.

Baca Juga: Yuk Intip Ciri-Ciri Oli Transmisi Mobil Harus diganti

More News