News & Event

Berikut Cara Bersihkan Mesin Mobil dengan Mudah dan Aman

NEWS Dec 13th 2022, 10:16 am

Mengapa cara bersihkan mesin mobil perlu dilakukan? Perlu kamu tahu kalau bukan hanya interior dan body mobil yang bisa kotor, namun juga bagian mesinnya.

Mesinnya bisa terpapar oleh debu maupun jenis kotoran lain misalnya saja sisa kerak oli, limbah buangan, kotoran hewan dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa mempengaruhi keadaan dan performa kendaraan.

Oleh sebab itu, wajib untuk memperhatikan kebersihan mesinnya. Kamu bisa membersihkannya sendiri di rumah, tidak harus pergi ke tempat pencucian mobil. Jadi lebih menghemat biaya perawatan kendaraan.

 

Cara Bersihkan Mesin Mobil di Rumah

Mesin ialah bagian vital dari mobil. Ada banyak sekali komponen kelistrikan yang saling terhubung, sehingga jika salah membersihkannya akan berdampak pada kinerja dan performanya.

Kalau salah dalam membersihkan, mesin justru bisa mengalami konslet bahkan kebakaran atau gagal guna. Oleh sebab itu, mari terapkan cara pembersihan yang tepat di bawah ini.

 

1. Menghindari Matahari Langsung

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, apakah mesin mobil boleh dibersihkan? Jawabannya boleh saja, namun kamu perlu memilih lokasi pembersihan yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Sebab, pada mesin mobil ada sejumlah komponen yang terbuat dari bahan karet dan plastik. Sifatnya mudah memuai dan rapuh jika terpapar sinar matahari secara langsung. Lokasi pembersihan paling disarankan ialah di garasi.

Kalau misalnya garasi terasa terlalu sempit dan gelap, coba sedikit mundurkan mobilnya. Kemudian pastikan kap mesinnya menghadap ke luar garasi. Sehingga kamu bisa menerapkan cara bersihkan mesin mobil dengan lebih mudah.

 

2. Memanaskan Mesin Sebelum dibersihkan

Source: Canva.com

Sebelum kamu memulai proses pembersihan, panaskan dahulu mesin mobilnya selama kira-kira 15 menit. Lantas, diamkan selama beberapa saat. Tunggu dulu hingga mesinnya sedikit dingin.

Tujuannya ialah memudahkan dalam membersihkan kotoran membandel di bagian mesinnya. Karena, kotoran yang menempel dengan kondisi dingin akan lebih sulit untuk dibersihkan.

Kalau misalnya kamu baru saja pulang setelah berkendara, jangan juga langsung membersihkan mesinnya. Tunggu dahulu kira-kira 30 sampai 45 menit untuk mendinginkan mesin mobil.

Sembari menunggu mesinnya dingin, kamu bisa menyiapkan alat untuk pembersihan. Misalnya saja lap plas chamois untuk mengelap kasar kemudian lap microfiber guna lapisan lembut.

Siapkan juga alat-alat lainnya, misalnya saja air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons hingga sabun khusus mobil. Apabila semuanya sudah siap, kamu bisa melanjutkan pembersihan ke tahap berikutnya.

 

3. Membersihkan Debu dan Kotoran

Membersihkan mesin mobil pakai apa? Untuk membersihkan debu dan kotoran ringan kamu bisa memakai sikat atau kuas. Bersihkan semua debu dan kotoran ringan yang menempel di permukaan mesinnya.

Kamu juga bisa menggunakan kain lap untuk membersihkannya. Mulai dahulu dari permukaan lantas masuk ke sela-sela mesin. Prosesnya akan lebih mudah dijalani jika mempunyai blower atau hairdryer.

Cara bersihkan mesin mobil di tahap ini tidak perlu memakai air. Cukup gunakan sikat, kuas atau lap untuk menyingkirkan debu dan kotoran ringan.

 

4. Melepaskan Aki

Melepaskan aki perlu dilakukan ketika pembersihan, tujuannya ialah untuk memutuskan aliran listrik pada mobil. Sehingga mampu menghindari terjadinya korsleting listrik. Di tahap selanjutnya, kamu akan memerlukan air untuk pembersihan jadi wajib melepas aki.

Apakah boleh mencuci mesin mobil dengan air? Jawabannya ialah boleh, namun kamu perlu melindungi komponen penting dari air. Kamu bisa membungkus perangkat elektronik dengan pembungkus anti air, misalnya alumunium foil, plastik atau lainnya.

Ada lagi alasan mengapa aki perlu dilepaskan. Yakni untuk memudahkan dalam menjangkau bagian bawah penyimpanan aki yang umumnya menjadi sarang kotoran. Jika sudah melepas akinya, simpan di tempat aman dan kering.

Jangan lupa menyimpan baut-baut dan komponen lainnya supaya tidak hilang. Sehingga nantinya bisa memasang kembali aki ke tempatnya dengan tepat ketika penerapan cara bersihkan mesin mobil sudah selesai.

 

5. Membersihkan Bagian Bawah Kap Mesin Mobil

Apabila aki sudah dilepas dan diamankan, selanjutnya kamu bisa membersihkan mesin memakai air. Bagian pertama yang perlu dibersihkan ialah bagian bawah kap. Sebab, posisinya ada di atas dan tergolong mudah untuk dijangkau.

Kamu bisa memakai sikat atau kuas untuk menerapkan cara bersihkan mesin mobil ini. Kemudian, supaya hasilnya lebih bersih, silahkan gunakan cairan pembersih khusus ruang mesin mobil. Bisa juga memakai cairan pembersih serbaguna.

Kalau sudah selesai membersihkannya, silahkan bilas dengan air. Cukup cipratkan air guna membilas sisa cairan pembersih lantas keringkan memakai lap. Bisa memakai lap microfiber maupun lap plas chamois.

 

6. Memakai Steamer

Kamu juga bisa menerapkan cara bersihkan mesin mobil dengan menggunakan steamer. Sebelumnya fokus dahulu membersihkan bagian permukaan besar yang mudah dijangkau. Lantas menggunakan steamer untuk menjangkau bagian sulit seperti bagian sela-sela.

Coba pakai steamer yang mempunyai lubang kecil supaya kekuatan cipratan maksimal. Sehingga mampu mengangkat kotoran tanpa menyebabkan air menyebar kemana-mana.

 

7. Membersihkan Bagian Depan Mesin Mobil

Lanjutkan cara bersihkan mesin mobil pada bagian depan. Kamu perlu melepas grill depan supaya bisa lebih leluasa. Sekaligus membersihkan lampu dengan pasta gigi juga boleh.

Coba saja mengoleskan pasta gigi dengan memakai sikat gigi pada cover lampu. Lantas, gosok sampai cover lampu kelihatan bersih. Cukup dilakukan dengan benar, lampu akan kembali bersih.

 

8. Pengeringan

Kalau sudah menerapkan cara bersihkan mesin mobil di atas, lanjutkan dengan pengeringan. Keringkan semua bagian yang sudah dibersihkan. Pastikan tidak ada air yang tersisa supaya tidak menimbulkan karat.

Kamu dapat melakukan pengeringan memakai lap microfiber maupun lap plas chamois. Pastikan semuanya sudah dibersihkan dan dibilas. Baru bisa melanjutkannya dengan tahap pengeringan ini.

 

9. Memasang Aki

Source: Canva.com

Kalau semua bagian sudah dikeringkan, lanjutkan dengan memasang kembali aki ke tempat penyimpanan semula. Pastikan memasang akinya secara tepat di bagian mesin mobil supaya kendaraan bisa menyala.

 

10. Memeriksa Sisa Sabun yang Mungkin Tertinggal

Kamu perlu memeriksa kembali apakah masih ada sisa sabun yang mungkin tertinggal. Karena, seperti sudah disinggung di atas, sisa air bisa menyebabkan karat. Begitu juga dengan sisa sabun yang juga berpotensi menimbulkan karat.

Apabila kamu menemukan ada sisa sabun yang masih tertinggal, bersihkan saja memakai lap microfiber. Jangan sampai membiarkan sisa sabunnya merusak permukaan mesin mobil kesayanganmu.

Jika sudah tidak ada sisa sabun, kamu bisa mengkilapkan mesin mobil dengan memolesnya. Sehingga tampilannya akan tampak kinclong. Namun, jika ingin melewatkan hal ini juga tidak apa-apa.

 

11. Menyalakan Kembali Mesin Mobil

Kalau semua cara bersihkan mesin mobil sudah selesai dilakukan, coba hidupkan kembali mesinnya. Aktivitas menyalakan ini berguna untuk menghangatkan bagian-bagian yang lembab karena sebelumnya dibersihkan memakai air dan cairan pembersih.

Jangan lupa membuka bagian kap mesin ketika menyalakan mesinnya. Supaya jika masih ada sisa air bisa menguap dengan mudah. Apabila sudah selesai, silahkan tutup kembali kap mesinnya.

Banyak orang berpikir bahwa kebersihan mobil hanya dinilai dari interior dan body. Padahal, perlu juga diterapkan cara bersihkan mesin mobil sehingga kinerja mesinnya terjaga.

Baca Juga: 7 Tips Mudah Perawatan Mobil Agar Performa Makin Prima

More News