News & Event

Jangan Sampai Jok Mobil kamu Berjamur! Ini Cara Mengatasinya

NEWS Mar 8th 2023, 1:46 pm

Jok mobil memiliki peran sangat penting yaitu meredam getaran, sebagai tempat duduk dan meningkatkan nilai dari kendaraan itu sendiri. Jika desain jok sangat berkelas dan modern tentu saja akan meningkatkan nilai jual dari mobil tersebut.

Begitupun sebaliknya, jika kondisi joknya rusak apalagi sampai berjamur tentu seseorang akan berpikir ulang untuk membelinya. Jadi harus dibersihkan terlebih dahulu agar lebih nyaman ketika digunakan.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membersihkannya, sebaiknya kamu ketahui apa penyebab jok mobil berjamur? Salah satunya disebabkan mobil didiamkan dalam suhu dingin dengan waktu cukup lama.

Serta adanya kotoran berupa cairan yang tumpah namun tidak segera dibersihkan sehingga menimbulkan jamur. Jika terus menerus dibiarkan maka jamur akan tumbuh subur dan semakin sulit untuk dibersihkan.

Sebenarnya menghilangkan jamur bisa dilakukan sendiri asalkan kamu tahu bahan jok pada mobil tersebut. Karena masing-masing bahan memiliki cara pembersihkan yang berbeda jadi perhatikan hal tersebut sebelum memulai membersihkan.

 

Cara Membersihkan Jamur Pada Jok Mobil Sesuai Bahan

Sudah dijelaskan sebelumnya secara sekilas kenapa jok mobil berjamur? Bisa jadi karena kelembapan maupun tumpahan cairan. Termasuk jika ada interior mobil yang terkena hujan dan airnya masuk ke dalam maka dapat menyebabkan jok basah.

Jika sudah mengetahui apa saja penyebabnya, maka simak beberapa cara membersihkan jamur tersebut. Ikuti cara-cara yang bisa kamu sesuaikan dengan bahan seperti berbahan kulit, beludru, sintetis dan lainnya berikut ini.

 

1. Cara Pembersihan untuk Bahan Beludru

Source: canva.com

Jika jok mobil kamu menggunakan bahan beludru maka cara menghilangkan jamurnya harus lebih diperhatikan. Karena tujuannya bukan sekedar untuk membersihkan saja namun juga mempertahankan kualitas bahan tersebut.

Sediakan alat berupa sikat berbulu halus kemudian semprotkan cairan pembersih khusus untuk beludru. Lalu gosok secara perlahan dan satu arah sampai jamurnya bersih.

Khusus untuk bahan ini jangan menggosok terlalu keras apalagi sampai dua arah karena dapat merusak kualitasnya. Bersihkan area yang terkena jamur saja agar tidak merusak bagian lainnya.

Jangan lupa setelah dibersihkan harus dilepas kemudian dijemur agar bisa kering sempurna. Kalau tidak kamu jemur maka akan semakin lembab dan justru membuat jamurnya semakin berkembang sempurna.

Tips jika ingin mempermudah proses pembersihan dengan melepas terlebih dahulu. Agar kamu memiliki ruang untuk bergerak bebas dan kelihatan jelas bagian-bagian yang memiliki banyak jamurnya.

 

2. Cara Pembersihan untuk Bahan Kulit

Menggunakan bahan kulit untuk jok mobil memang memberikan kesan keindahan dan semakin mahal. Tidak heran jika banyak orang memilih bahan ini agar memberikan nilai tambah pada kendaraannya.

Namun satu hal yang sangat menarik untuk diperhatikan yaitu dari segi perawatannya. Jika jok berbahan kulit tersebut terdapat jamur maka harus dibersihkan dengan menggunakan bahan khusus.

Sebagai bahan premium tentu saja dibutuhkan perawatan istimewa sehingga tidak heran jika sering dipakai di mobil mahal. Kamu membutuhkan cairan khusus yang harus disesuaikan dengan tipe atau jenis kulit tersebut.

Kamu bisa mencari informasi khusus tentang cairan pembersih jamur pada jok mobil berbahan kulit. Jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung karena bisa merusak kualitas kulit tersebut.

Mengingat jok merupakan bagian penting dalam mobil serta menyangkut tentang kenyamanan. Maka dari segi kebersihan juga harus diperhatikan dan dijaga betul-betul agar tidak menurunkan nilai jual maupun kenyamanan tersebut.

 

Baca Juga: 7 Tips Mudah Perawatan Mobil Agar Performa Makin Prima

 

3. Cara Pembersihan untuk Bahan Nilon

Source: canva.com

Bagi kamu penggemar nilon untuk digunakan sebagai bahan jok mobil tentu saja harus mengetahui cara merawatnya. Nilon merupakan bahan yang memiliki kualitas sangat bagus dan pastinya juga terjangkau.

Namun ada satu kekurangan dari bahan ini yang membuat kamu harus lebih memperhatikan kebersihannya. Dikarenakan nilon memiliki pori-pori atau lubang yang lebih besar sehingga membuat kotoran mudah masuk.

Apalagi jika ada noda cairan pasti akan langsung masuk serta meresap kebagian dalam jok ini. Hal inilah yang membuat jamur akan lebih mudah tumbuh jika tidak dilakukan perawatan serta pembersihkan secara rutin.

Kamu tidak perlu khawatir karena ternyata cara membersihkan jok berbahan nilon jauh lebih mudah. Karena cukup menggunakan cairan pembersih kemudian sikat pada bagian yang berjamur.

Lalu keringkan terlebih dahulu baik dengan cara dijemur atau dibiarkan dan siap digunakan kembali. Proses pembersihan jamur pada nilon juga tidak sulit sehingga lebih cepat terangkat dan lebih bersih dari sebelumnya.

 

4. Cara Pembersihan untuk Bahan Vinyl

Jika kamu menggunakan bahan vinyl dan bingung bersihkan jok mobil pakai apa? Jangan khawatir karena vinyl termasuk cukup mudah dan cepat sehingga tidak memakan waktu kamu.

Kamu cukup menggunakan kain halus kemudian berikan cairan khusus untuk membersihkan jamur. Jika sudah gosokkan perlahan pada bagian yang berjamur kemudian lap menggunakan kain kering.

Jadi kamu tidak perlu menggunakan air dalam jumlah banyak namun cukup di lap saja pada kain pembersih. Jika cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa menggunakan cara lain yaitu memakai baking soda.

Cara membersihkan jok mobil berbahan vinyl yaitu dengan mencampurkan air dan baking soda. Kemudian semprotkan ke bagian jok yang berjamur maupun kotor.

Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian lap dengan sikat berbulu yang lembut dan halus. Bisa juga dengan memakai kain halus lalu angin-anginkan saja sampai kering.

 

5. Cara Pembersihan untuk Bahan Kulit Sintetis

Source: canva.com

Kalau jok mobil kamu menggunakan kulit sintetis tentu ada cara lain yang bisa dipakai dalam proses pembersihan jamurnya. Sudah menjadi rahasia umum kalau jok berbahan kulit sintetis jauh lebih mudah pembersihannya dibandingkan bahan kain.

Salah satu alasannya karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mengeringkan bahan ini. Cukup diangin-anginkan saja kemudian biarkan dalam beberapa saat sudah kering dengan sendirinya.

Cara mudah membersihkannya yaitu dengan menggunakan kain berbahan halus seperti microfiber. Kemudian basuh bagian permukaan yang ada jamurnya lalu lap saja dengan kain bersih.

Agar lebih mudah dan cepat, sebaiknya kamu menggunakan air hangat agar jamur-jamur tersebut cepat terangkat. Jangan lupa menambahkan cairan khusus untuk membersihkan jamur yang ada banyak dipasaran.

Jika kesulitan menemukan cairan khusus maka bisa menggunakan bahan seadanya. Seperti mencampur pemutih pakaian dengan sabun untuk mencuci piring kemudian lap pada bagian yang berjamur lalu bersihkan.

Jangan lupa jok mobil diangin-anginkan dan tidak perlu dijemur dibawah sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan menjaga kualitas kulit tetap terawat, bersih dan tidak menjadi mengering.

 

6. Cara Pembersihan untuk Bahan Tenun

Dari kelima bahan diatas, ada satu lagi yaitu berbahan tenun yang ternyata jarang digunakan. Tenun memiliki kualitas mirip dengan nilon jadi cara membersihkannya juga hampir sama seperti nilon.

Bahan tenun sering dipilih pemilik mobil yang ingin memodifikasi agar tampilan mobilnya menjadi keren dan unik. Risiko jamur pada jok berbahan tenun tentu sama saja dengan bahan-bahan lainnya.

Kamu dapat memanfaatkan cairan pembersih kemudian disikat perlahan memakai sikat bulu yang cukup halus. Jangan lupa untuk membilas setiap kali kamu menggosok agar cepat bersih dan jamurnya terangkat.

 Jok merupakan bagian penting dalam mobil yang harus dijaga kebersihan serta kenyamanannya. Jika jok mobil ada jamurnya sebaiknya segera dibersihkan dengan disesuaikan bahan agar bisa bersih sempurna.

 

Baca Juga: Berikut Cara Bersihkan Mesin Mobil dengan Mudah dan Aman

More News